Telat datang bulan apakah bisa karena stres?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 1 Tahun
Hai dok apakah benar bila stress bisa mengakibatkan telatnya datang mens ya dok? Soalnya saya sudah 36 hari telat datang mana dok, bisa kasih saran gak buat saya dok? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AH,

Terlambat haid adalah keluhan yang bisa terjadi karena banyak faktor, benar salah satunya bisa disebabkan oleh kondisi psikologis seperti beban pikiran, stres, cemas ataupun keluhan psikologis lain. Apabila sudah lebih dari 1 bulan tidak haid dan tidak ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti:

  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Berat badan yang tidak ideal misalnya mengalami kegemukan
  • Masalah keseharian seperti aktivitas berat
  • Kurang olahraga atau aktivitas fisik
  • Masalah hormonal
  • Masalah organ reproduksi
  • Gangguan kesehatan lain bisa karena masalah kelenjar tiroid salah satunya

Jadi kalau sudah 36 hari tidak haid, bisa coba perhatikan faktor apa yang menjadi penyebabnya. Kalau karena stres bisa coba berbagi cerita pada orang terdekat yang dipercaya, coba atasi stres dengan mengalihkan pada pikiran yang lebih positif, coba lakukan hobi atau olahraga rutin, upayakan ada kegiatan harian agar tidak jenuh dan bosan. Jika sering mengalami gangguan psikologis berlebih bisa periksakan diri pada psikolog atau pada dokter spesialis kedokteran jiwa.

Untuk melancarkan haid bisa coba perbaiki kesehariannya. Upayakan menjaga pola makan, pola istirahat, atasi stres, dan bisa coba minum ramuan alami seperti kunyit, jahe, kayu manis atau bisa makan nanas untuk melancarkan haid. Kalau sampai 90 hari belum juga haid, periksakan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.