19 Jun 2020, 17:36Kandungan

Telat datang bulan, dan sempat flek, apakah hamil ?

A
Info Penanya: A, Wanita0
Dok saya mau nanya.. Bulan kemarin saya datang bulan tanggal 17 mei, dan siklus datang bulan saya tidak pernah berubah² tanggal sejak dulu. Dan bulan ini saya sudah terlambat 2 hari dari tanggal yang seharusnya, tapi di tanggal² sebelum tanggl 17 bulan ini saya sempat mendapat bercak darah pda pakaian dalam saya selama 2 hari dan saya mendapat bercak darah otu setelah 1 minggu setelah saya dan suami berhubungan, Apakah saya hamil?..
12943 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, A.Telat datang bulan merupaka keluhan yang umum diidentikan dengan tanda awal kehamilan, akan tetapi hal tersebut tidaklah mutlak karena masih terdapat banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Faktor-faktor tersebut umumnya memicu gangguan keseimbangan hormon yang mengatur siklus haid, sehingga berdampaka pada keterlambatan ataupun gangguan haid lainnya.

Adapun berbagai faktor yang dapat memicu gangguan haid tersebut, antara lainnya adalah :

  • berat badan yang berlebih atau kekurangan
  • pola makan yang tidak sehat
  • kelelahan
  • tidak berolah raga sama sekali ataupun terlalu banyak berolahraga seperti atlet 
  • stres serta kondisi mental atau emosional labil lainnya
  • penggunaan obat tertentu 
  • kondisi medis seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, fiboid rahim, sindroma polikistik ovarium, penyakit tiroid dan lain-lainnya
Mengenai keluhan bercah darah atau flek pada Anda dapat terjadi karena gangguan haid, dan dapat pula berupa perdarahan implantasi jika memang benar terjadi kehamilan. Untuk memastikan terjadinya kehamilan atau tidak, setelah terjadi keterlambatan 7 hari, lakukanlah test pack, dan apabila satu minggu kedepan masih terjadi keterlambatan, pemeriksakan test pack perlu diulang untuk hasil yang lebih akurat.Jika kedua hasil test pack negatif, mungkin keterlambatan datang bulan dan flek yang Anda alami terjadi karena salah satu faktor diatas selain kehamilan. Sementara menunggu keterlambatan datang bulan mencapai 7 hari, hindarilah makanan mentah, mengandung banyak penngawet dan cepat saji. Cukupi kebutuhan istirahat dan kebutuhan cairan (2,5L/hari untuk wanita)Keterangan dan pemeriksaan lebih lanjut, bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil