Telat datang bulan tetapi test pack negatif

NP Info Penanya: NP, Wanita, 26 Tahun
Dok saya suntik KB 1 bulan pda tgl 6 april 2020 thl 8 april sy berhububgn intim dngn suami tgl 17 hrus,a haid sampai skrg blum haid pada tgl 28 april sudh cek tespek hasil negatif sampai skrg sy blum haid dok mohon pencerahannga terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NP,

Testpack adalah alat untuk mendeteksi kehamilan menggunakan urine. Testpack akan mendeteksi adanya hormon kehamilan apabila terjadi pembuahan sel telur. Alat testpack sendiri sudah cukup akurat dan bisa mendeteksi sejak awal kehamilan.

Apabila testpack negatif dan ada terlambat haid, tidak perlu kecewa dulu. Karena terlambat haid sendiri tidak selalu karena kehamilan. Ada baiknya bisa mengulang pemeriksaan testpack 2 minggu kedepan jika masih belum juga menstruasi.

Penyebab menstruasi terlambat

Beberapa penyebab terlambat menstruasi diantaranya adalah:

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Kelelahan fisik dan mental
  • Penggunaan kontrasepsi

Untuk itu, jika nantinya masih tetap tidak menstruasi apalagi sampai lebih dari 90 hari, perlu dipastikan apa penyebabnya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Upayakan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat sehingga menstruasi juga bisa lebih lancar. Jika sudah ingin memiliki momongan bisa juga baca tips agar cepat hamil di tautan berikut. Semgoa bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.