Telat datang bulan dan payudara nyeri, apakah tanda pasti kehamilan?

I Info Penanya: I, Wanita, 24 Tahun
Mlm dok .saya mau tanya bulan april saya haid tgl 13-18 april dan klo ikutin silkus haid harusnya haid tgl 11 meiTapi sampai sekrng saya belum haid jugaDisertain payudara dan puting aga nyeri dan sariwan dibibir secara bersamaan Apa itu pertanda sedang hamil atau ngga ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi yang normal terjadi dalam 21 - 35 hari. Cara mengetahui siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama menstruasi pada periode berikutnya. Rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Selain karena adanya kehamilan, beberapa hal dapat mempengaruhi terlambatnya siklus menstruasi, seperti masalah hormonal, masalah organ reproduksi wanita, stres, kelelahan, efek samping dari KB dan lain sebagainya.

Tanda pasti dari kehamilan adalah tes kehamilan, pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter serta hasil pemeriksaan USG kehamilan. Mual/muntah, pusing, payudara nyeri, sensitif terhadap bau-bauan, mudah lelah dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda terlambat menstruasi sebaiknya segera lakukan tes kehamilan, jika hasilnya samar bisa diulangi dengan jeda satu minggu kemudian. Bila Anda ragu-ragu periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan serta USG kehamilan.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:

  • Hindari stres dan kelelahan
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dan perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Cukupi kebutuhan cairan harian Anda
  • Lakukan olah raga ringan
  • Jaga kebersihan organ kewanitaan, kebersihan diri dan jul akebersihan lingkungan sekitar

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh R
13 May 2020, 23:45
Pasangan saya juga memakai kondom dan dikeluarkan diluar juga dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 May 2020, 17:02
Selamat sore R.
Jika berhubungan intim menggunakan kondom dan dikeluarkan diluar untuk kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil sebab tidak terjadi pertemuan antara sperma dengan sel telur.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.