Telat datang bulan, apakah penyebabnya?

DA Info Penanya: DA
Halo dok,saya mau bertanya saya habis keguguran pas bulan April tahun 2019 lah hbis itu kok datang bulan saya enggak pernah lancar ya dok,ini udah telat 2 bulan tapi ditespek sampe 2 kali hasil negatif,dan kadang kaya nyeri mau dtang bulan tapi kok enggak Dateng" ,dan itu sering terjadi kalo lagi telat datang bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi atau haid merupakan proses keluarnya darah dari organ reproduksi wanita melalui vagina. Hal ini merupakan kondisi wajar yang dialami oleh setiap wanita pada usia subur. Siklus menstruasi normal adalah 21 - 35 hari, kebanyakan wanita mempunyai siklus 28 hari. Cara yang dilakukan untuk menghitung siklus menstruasi adalah dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama mesntruasi di bulan berikutnya. 

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah sebagai berikut:

  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya masalah hormonal
  • Obesitas / berat badan kurang
  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • PCOS
  • Penggunaan alat konrasepsi hormonal

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi yang disebutkan diatas. Untuk tanda pasti dari kehamilan adalah dengan tes kehamilan dan juga dengan pemeriksaan USG kandungan. Bila hasil negatif, bisa diulang dengan jeda 1 minggu kemudian.

Pastikan Anda menghindari stres, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan dan lakukan olahraga ringan. Bila keluhan dirasa tidak membaik, silakan periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriskaan USG kandungan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.