Telat menstruasi sampai 2 bulan, apa penyebabnya?

FH Info Penanya: FH, Wanita, 2020 Tahun
Selamat malam dok. Saya mau bertanya? Dok saya blom berkeluarga dan saya sudah telat haid sekitaran 2bulan ini. Itu kenapa ya dok penyebabnya dan cara mengatasinya seperti apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FH,

Terlambat menstruasi sampai 2 bulan adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beragam hal, apabila belum berkeluarga dan tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya maka bisa dipicu oleh gangguan hormonal, stres fisik ataupun mental, aktivitas fisik berat, istirahat tidak teratur, ataupun karena masalah gangguan di saluran reproduksinya.

Jika nanti sampai lebih dari 3 bulan masih belum juga menstruasi, perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan hormonal, pemeriksaan lab darah dan juga pemeriksaan USG untuk mencari tahu apa penyebabnya.

Cara melancarkan haid

Untuk sementara bisa dilakukan beberapa hal untuk melancarkan haid seperti:

  • Perbaiki pola dan gaya hidup sehari-hari
  • Cukup istirahat
  • Perbaiki pola makan
  • Upayakan olahraga teratur
  • Menjaga berat badan ideal
  • Bisa konsumsi bahan alami yang melancarkan haid seperti nanas, kunyit, cuka apel, kayu manis dan lainnya

Upayakan kelola stres dengan bisa berbagi cerita pada orang yang dipercaya apabila merasa ada beban pikiran yang timbul. Karena masalah psikologis juga bisa berpengaruh pada hormonal yang bisa menjadi pemicu terlambat menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.