Apakah bisa hamil jika ejakulasi di luar?

OD Info Penanya: OD
Dok saya kemarin terakhir haid perkiraan tgl 18 dibulan April, di tanggal 26 saya berhubungan intim, tapi sperma keluar diluar, apakah akan hamil? Dan kalau tidak hamil, ditanggal berapa kira2 saya akan mendapat haid lagi dibulan ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, OD.

Kehamilan adalah hal yang dialami oleh wanita pada usia subur di masa hidupnya. Kehamilan bisa terjadi pada wanita yang sudah mengalami menarche (menstruasi pertama). Saat hamil, seorang wanita akan mengandung janin di rahimnya selama kurang lebih 40 minggu, sebelum akhirnya dilahirkan ke dunia.

Seorang wanita akan hamil apabila terjadi pembuahan saat berhubungan seksual, yaitu bertemunya sel sperma pria dengan sel telur wanita. Terkait pertanyaan Anda, apabila ejakulasi dilakukan di luar maka tetap ada kemungkinan kecil hamil. Hal ini disebabkan cairan pre-ejakulasi pria juga mengandung sperma walaupun sedikit.

Jika Anda tidak hamil, tentu Anda akan mendapat haid lagi. Tetapi, tanggal berapa jatuhnya haid Anda bulan ini tidak dapat dipastikan, karena Anda tidak memberi informasi yang jelas terkait siklus haid Anda. Siklus haid yang normal adalah 21-35 hari teratur setiap bulannya, dengan rata-rata 28 hari. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui tanggal haid Anda bulan ini, Anda dapat menghitung jumlah hari setelah hari terakhir Anda haid. Jika terlambat, Anda dapat melakukan testpack atau berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG, agar diketahui apakah Anda hamil atau tidak.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gawat janin mengindikasikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tidak sehat

Waspada! Gawat Janin akibat Gangguan Peredaran Darah

Waspada kondisi gawat janin dapat berisiko bagi kehamilan dan dapat mempersulit persalinan. Dalam kondisi gawat janin, bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Gawat janin menjadi indikasi bahwa janin dalam kandungan Anda tidak sehat dan mempengaruhi detak jantung janin yang tidak normal.