Telat haid 2 minggu, apakah hamil?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 21 Tahun
Dokter, saya mengalami telat haid selama 2 minggu pada bulan ini.Pada bulan lalu saya melakukan petting dengan tunangan saya, dengan memakai baju utuh, apakah saya hamil?Tetapi kenapa saya tidak merasakan seperti layaknya wanita hamil dan saat testpack hasilnya negatif, perut saya rasanya keram yang berpindah tempat, dan merasakan sakit pada payudara serasa tanda akan haid, tetapi hadir keputihan yang luar biasa bnyaknya dan membuat saya risih.Apakah ini gejala hamil, haid, atau penyakit dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DFI.

Menstruasi atau haid adalah hal yang dialami secara teratur oleh wanita usia subur. Biasanya, seorang wanita akan mengalami haid setiap 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Haid berlangsung sekitar 3-8 hari, biasanya diawali dengan bercak darah kecokelatan dan menderas pada hari-hari selanjutnya. Kemudian, haid akan kembali menjadi bercak kecokelatan saat hari-hari terakhir.

Seseorang yang mengalami terlambat haid atau siklus yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Kehamilan
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Stres berlebihan
  • PCOS
  • dan berbagai penyebab lainnya

Terkait pertanyaan Anda, petting dengan pakaian lengkap berpotensi sangat kecil untuk menyebabkan kehamilan, apalagi hasil testpack yang negatif. Gejala yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh perubahan hormon karena sebentar lagi Anda mengalami haid. Tetapi, jika haid tak kunjung datang selama tiga bulan, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG, ya.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan mengendalikan tingkat stres agar hormon kewanitaan tetap terjaga, dan siklus haid bisa teratur. 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.