Telat datang bulan apa pengaruh pil KB?

HT Info Penanya: HT, Wanita, 18 Tahun
Dok saya sudah telat 26 hariWaktu telat 4hr tespek hsilnya negatif lalu telat 10hr hsilnya negatif dok apa karna sy berhenti mnum pil kb sblm hbis pilnya dok.. soalnya sy berhenti mnum sblm tuntas tp 4hr stlah berhenti sy haid normal 4-7 hr llu smpay skrng sy blm haid dok pdhal sy biasanya normal dok gk pernah lambat kyk gni apa sy hrus tespek lg dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HT,

Siklus haid seorang wanita pada umumnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dengan rata-rat 28 hari sekali. Namun siklus ini seringkali maju atau mundur tergantung keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh.

Bila Anda sudah melakukan tes pack sampai 10 hari setelah terlambat haid dan hasilnya tetap negatif, maka Anda kemungkinan besar memang tidak sedang hamil. Hasil tes pack cukup akurat bila dilakukan setelah 7 hari terlambat haid.

Perihal terlambat haid namun tidak hamil bisa disebabkan oleh:

  • Efek samping KB. Efek samping berupa siklus haid yang terlambat atau hingga tidak haid samasekali saat memakai atau saat KB dihentikan bisa berlangsung beberapa bulan hingga 1 tahun. Tidak berpengaruh meski Anda minum pil KB hingga tuntas baru menghentikannya.
  • Faktor kelelahan.
  • Stres.
  • Perubahan berat badan, misal menjadi kurus karena diet ketat.
  • PCOS.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid kembali lancar adalah:

  1. Perbanyak asupan sayur hijau dan protein.
  2. Minum air putih yang banyak untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.
  3. Jangan stres.
  4. Jaga berat badan ideal.
  5. Olahraga 30 menit setiap hari agar aliran darah lancar.

Bila dalam 3 bulan berturut-turut Anda tetap tidak hamil, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG, sehingga dapat dipastikan organ reproduksi Anda ada masalah atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.