Telat datang bulan setelah berhubungan intim

RR Info Penanya: RR
Dok saya sebelumnya berbungan intin dengan pasangan saya diakhir bulan februari dan sekitar akhir bulan maret saya haid tapi di bulan ini (april) saya sudah telat haid 5 hari dok,itu kenapa ya?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RR,

Terlambat haid setelah berhubungan intim adalah keluhan yang bisa menandakan kehamilan. Tetapi jika hubungan intim dilakukan di siklus sebelumnya dan setelah melakukan hubungan intim mendapatkan haid maka tidak disebabkan oleh kehamilan.

Penyebab terlambat haid sendiri tidak selalu karena kehamilan tapi bisa karena beberapa hal lain seperti:

  • Masalah psikis seperti stres
  • Kelelahan
  • Gaya hidup yang kurang baik seperti kurang istirahat, pola makan tidak baik
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Masalah hormonal
  • Masalah organ kandungan seperti PCOS
  • Masalah kesehatan lain seperti efek penggunaan obat ataupun gangguan kelenjar tiroid

Jika di bulan maret tidak melakukan hubungan seksual maka bisa diperhatikan terlebih dahulu apakah dalam 2 minggu kedepan mendapatkan menstruasi. Bisa juga mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat melancarkan haid, olahraga teratur dan perbaiki gaya hidup serta kesehariannya agar siklus menstruasi lebih teratur.

Jika nanti sampai 3 bulan tidak juga menstruasi perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter kandungan dan kebidanan. Jika memang belum ingin hamil ada baiknya juga menggunakan kontrasepsi agar mencegah kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.