Terlambat haid lebih dari 1 minggu.

PN Info Penanya: PN, Wanita
Selamat pagi dok saya mau tanya ... sy terakhir haid tgl 25 desember dan sy sampai sekarang belum haid lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore,P

Terdapat beragam penyebab yang menyebabkan siklus haid menjadi berubah. Jika Anda mengalami terlambat haid  kemungkinan yang dapat terjadi adalah:

  • Hamil: untuk memastikan kondisi ini adalah dengan melakukan testpack. Jika terdapat tanda dua strip pada testpack maka menandakan positif hamil
  • Perubahan gaya hidup: stress, merokok, peningkatan berat badan dapat menjadi penyebab perubahan siklus menstruasi Anda
  • Penyakit tertentu: adanya kista atau benjolan berisi cairan pada ovarium (indung telur), gangguan hormone tiroid, penyakit diabetes dan gangguan fungsi hati dapat menyebabkan menstruasi menjadi terlambat.
  • Tanda akan menopause: jika usia Anda sudah mencapai 40 tahun maka tanda menopause seperti berkeringat, suhu tubuh meningkat, panas di dada dan perubahan siklus haid akan terjadi.
  • Efek samping obat: beberapa obat yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda adalah obat KB, dan obat-obat psikoterapi seperti untuk terapi depresi.

Untuk itu, maka disarankan Anda melakukan tes kehamilan ya dengan menggunakan alat testpact. Selaini itu disarankan untuk melakukan:

  • Melakukan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, olah raga teratur dan kelola stress Anda
  • Konsumsi air mineral 2Liter per hari
  • Hindari merokok
  • Hindari konsumsi alkohol

Banyak kemungkinan yang terjadi ketika Anda mengalami telat haid, maka agar mendapatkan hasil yang akurat diharapkan memeriksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.