Telat datang bulan, kadang keputihan, setiap makan perut panas dan langsung buang air besar. Kira-kira kenapa ya dok?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 22 Tahun
Dokter,saya ingin bertanyaSaya kan telat datang bulan dokTetapi setiap saya makan perut saya terasa panas dan setelah itu saya langsung buang air besar terkadang mencret dok, terus perut saya terasa panasTerkadang saya keputihan juga dokDan kita kira saya kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Y

Terima kasih atas pertanyaannya.

Telat datang bulan itu relatif ya bisa bergeser beberapa hari. Jadi yang masuk kategori telat bila sudah 5 minggu dari terakhir anda mestruasi. Faktor yang mempengaruhi termasuk ke stres, kurang istirahat atau penggunaan kontrasepsi. Sedangkan keputihan juga bervariasi, karena keputihan berasal dari cairan yang diproduksi oleh vagina untuk mengeluarkan partikel sel yang sudah mati dan kuman. Produksi juga tergantung dari siklus haid atau adanya stimulasi dari luar. Bila terasa gatal, panas atau berbau, baru dicurigai adanya infeksi.

Kalau setiap makan perut panas, biasanya efek dari makanan yang anda makan. Misalnya makan seblak level ekstrim, perut anda akan menolaknya sehingga proses BAB dipercepat sampai dengan mencret. Bila sudah kambuh sebaiknya makan yang lunak dahulu dan tidak terlalu berbumbu. Agar mudah dicerna. Kapanpun anda ragu, bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter anda. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu akibat anak kurang gizi adalah sulit mengikuti pelajaran di sekolah.

Waspada Anak Kurang Gizi, Kenali 9 Tandanya Berikut Ini!

Makanan bergizi dapat membuat otak dan organ vital anak berkembang dengan sempurna. Akan tetapi, jika tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, maka anak bisa mengalami gizi buruk. Dan akibat anak kurang gizi sendiri dapat mengakibatkan sulit berkonsentrasi, mudah marah dan masih banyak akibat buruk lainnya.