Apakah terlambat menstruasi dan nyeri perut adalah tanda kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Malam Dok..Dok saya udh telat dtg bln 5 hari,terakhir dtg bln tgl 20 juni & pada tgl 16 juli sy tespack karna penasaran & hasil nya positif,sampai 3 tespeck hasil nya positif,tp perut saya skrg terasa mules nyeri ky mau dtg bln gt dok,kalo hasil tespack positif apa benar sy hamil gt dok? Terus kalo mules" gitu gpp gt dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan dapat terjadi ketika adanya sel sperma pria berhasil masuk organ reproduksi wanita dan membuahi sel telur wanita. Tanda pasti dari kehamilan yaitu hasil positif dari tes kehamilan (tes pack) yang bisa dilakukan secara mandiri, hasil dari pemeriksan USG kehamilan dan hasil pemeriksaan fisik diagnostik yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan.

Banyak orang yang mengira dengan terlambatnya siklus menstruasi, pasti karena kehamilan. Walaupun terlambatnya siklus menstruasi memang bisa disebabkan karena adanya kehamilan, namun beberapa kondisi lain seperti stres, kelelahan, adanya gangguan hormon, obesitas, atau adanya kondisi lain apda organ reproduksi wanita juga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. 

Jikalau Anda mengalami keterlambatan dalam siklus menstruasi dan sudah melakukan tes kehamilan yang hasilnya positif, berarti saat ini Anda sedang hamil. Terkait dengan nyeri perut bawah ketika sedang hamil bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti adanya nyeri otot-otot pada area perut, adanya infeksi saluran kemih, adanya perubahan ukuran rahim, perubahan hormon, atau bahkan terjadinya keguguran.

Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisi serta pemeriksaan USG. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, hindari mengonsumsi daging mentah, hindari mengonsumsi kafein (kopi) / alkohol, hindari stres dan beristirahatlah dengan cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina sakit saat hamil biasanya terjadi karena rahim yang semakin membesar dan menekan vagina

Bumil, Ini Penyebab Vagina Sakit Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Salah satu keluhan yang kerap dirasakan ibu hamil, yaitu sakit vagina. Vagina sakit saat hamil dapat terjadi pada trimester berapa pun. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pertumbuhan janin hingga terjadinya infeksi.