19 May 2021, 23:30Kandungan

Telat haid 1 minggu diikuti keram perut, apakah hamil ?

IH
Info Penanya: IH, Pria, 20 Tahun
Istri saya telat haid 1minggu dan keputihan kuning kram perut juga apakah itu tanda hamil? Padahal terakhir berhubungan hampir 2 bulan yg lalu
198 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, I.Telat haid yang dialami istri dimana berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi memang dapat disebabkan oleh sebuah kehamilan. Selain telat haid, istri Anda dapat mengalami perubahan emosi yang naik turun, rasa ingin terus berkemih walau minum tidak terlalu banyak, mual dan muntah yang berlebih saat pagi hari, keram di perut, timbul flek berwarna kecoklatan, rasa tidak nyaman pada payudara.

Apakah telat haid 1 minggu tanda sebuah kehamilan ?

Jika Anda dan istri berhubungan tanpa alat kontrasepsi dan istri mengalami telat haid, maka kehamilan dapat terjadi. Anda dapat menyuruh istri melakukan pemeriksaan test pack saat bangun tidur di pagi hari yang diulang 1 minggu setelahnya jika hasil masih negatif atau samar.Namun jika setelah berhubungan 2 bulan yang lalu, Anda dan istri tidak berhubungan sama sekali, kemudian istri Anda haid, lalu di bulan selanjutnya tidak haid kembali, maka penyebab telat haid 1 minggu yang dirasakan saat ini bukan merupakan sebuah kehamilan.Selain kehamilan penyebab telat haid selama 1 minggu disebabkan oleh :
  • Siklus haid memanjang.
  • Istri sedang kelelahan dan stress.
  • Melakukan diet tidak sehat.
  • Terlalu banyak makan junk food.
  • Jarang olahraga.
  • Penggunaan KB.
Lakukan pemeriksaan USG di dokter obgyn jika hasil test pack masih negatif namun istri Anda tidak kunjung haid. Jalani pola hidup sehat dengan olahraga, istirahat, jangan stres, makan bergizi, makan buah dan sayur agar haid lancar kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil