Telat datang haid tetapi test pack negatif, apakah berbahaya ?

SU Info Penanya: SU
Siang dok..saya Desi Maulina mau bertanya....saya bulan kemaren datang bulan tanggal 3 dan selesainya sampai tanggal 10 dan saya sering lelah danencoba tespek negatif apakah itu tanda2 bahaya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DM.

Telat datang haid adalah keadaan yang umumnya terjadi karena adanya gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus haid pada tubuh wanita. Bermacam faktor dan kondisi medis salah satunya kehamilan dapat menjadi pemicu keadaan tersebut. 

Adapun faktor-faktor lainnya yang meliputi :

  • obesitas atau terlalu kurus
  • sangat kurang berolah raga atau terlalu banyak 
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat  dan gangguan pola makan
  • stres, kecemasan serta kondisi emosional yang sedang tidak stabil lainnya
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS, penyakit tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan telat datang haid disertai keluhan sering lelah pada Anda dapat terjadi karena salah satu faktor diatas. Pada dasarnya kelelahan itu sendiri pun dapat mempengaruhi siklus haid atau berdampak pada keterlambatan haid. Terkait test pack yang dilakukan, jika hanya baru dilakukan satu kali, dapat Anda coba ulangi satu minggu setelah pemeriksaan yang pertama kali, agar hasilnya lebih akurat.

Untuk semenatara Anda dapat membantu mengatasi keluhan yang dialami dengan konsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis. Dibantu pula dengan konsumsi vitamin D dan vitamin B kompleks. Ada baiknya juga untuk berjemur sekitar 15 menit memunggungi matahari pada sekitar jam 9 pagi untuk mendapatkan manfaat vitamin D alami.

Jika keluhan telat datang haid berlangsung hingga 2 siklus, periksakanlah secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.