Anak belum bicara di usia 2 tahun, berapa batasan usia normalnya?

VR Info Penanya: VR, Wanita, 1 Tahun
Anak saya usia 2 tahun 3 bulan, tpi belum bisa bicara mama, atau ayah sama sekali, terus nyeloteh terus dgn kata yg tdk jelas, kadang keluar kata mamah, tpi tdk pada tempat nya itu pun jarang sekali, nyeloteh trus dgn kata tdk jelas seperti bersenandung, tpi tdk tuli d panggil kadang noleh aja tapi harus berkali kali, d kagetin kaget aja, apakah anak saya nanti nya bisa aja bicara?Adakah batasan akhir anak wajib bicara d umur brpa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, VR.

Kemampuan bahasa terbagi menjadi dua aspek, yakni reseptif atau kemampuan untuk menangkap atau mengerti pembicaraan dari lingungan sekitarnya serta ekspresif atau kemapuan untuk mengungkapkan yang ada dalam pikiran, seperti ide serta mengekspresikan perasaan. Kedua aspek tersebut dapat mengalami gangguan atau hanya salah satunya.

Mengenai anak Anda yang belum mampu berbicara dengan jelas di usia 2 tahun, umumnya perlu mendapatkan perhatian lebih karena dapat berupa gejala keterlambatan bicara.

Adapun panduan untuk mengidentifikasi keterlambatan bicara pada anak 2 tahun yang umumnya sudah mampu :

  • mengikuti perintah sederhana secara verbal
  • mengucapkan kata berkisar 50-100 kata
  • membuat kalimat yang terdiri dari setidak-tidaknya 2 kata
  • mengucapkan hal yang sebagian besarnya sudah dapat dimengerti

Maka jika pada usia 2 tahun seorang anak belum dapat mengucapkan setidaknya 25 kata, ada baiknya untuk diperiksakan ke klinik tumbuh kembang atau pada dokter Anak ahli tumbuh kembang. Untuk kemungkinan anak Anda dapat berbicara lancar kedepannya, dapat ditentukan setelah diidentifikasi gangguan yang mendasarinya terlebih dahulu oleh para ahli.

Berikut terlampir artikel jenis terapi yang umumnya akan diberikan sebagai stimulasi agar dapat membantu meningkatkan kemampuan bicara anak.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak malas belajar bisa jadi karena lingkungan tidak mendukung

Anak Malas Belajar? Jangan Dulu Dimarahi, Ketahui Penyebabnya

Penyebab anak malas belajar bisa jadi karena gaya belajar yang tidak sesuai, lingkungan tidak mendukung, terkena bullying, hingga terkena gangguan emosi.