Kapan hormon HCG dapat dideteksi dengan test pack?

RK Info Penanya: RK, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok, saya bulan Juli haid tgl 18. Bulan Agustus sampe saat ini saya tidak haid. Pada tgl 19 Agustus saya mengalami seperti gejala akan datang bulan. Tetapi yg ada hanya kputihan. Saya blum brani tespack karna takut kecewa dok. Soalnya sudah 7 bulan menikah, blum juga hamil dok. Terimakasih Wassalammualaikum.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hormon Human chorionic gonadotropin (HCG) merupakan sebuah hormon kehamilan yang bisa dideteksi oleh test pack (urine) umumnya setelah 12 hingga 14 hari terjadinya proses pembuahan. Selain dapat dideteksi melalui urine, hormon HCG ini juga bisa dideteksi pada tes darah pada 11 hari setelah terjadinya proses pembuahan. 

Normalnya siklus haid wanita yaitu 21 - 35 hari yang dihitung dari HPHT (hari pertama haid terakhir) sampai dengan hari pertama haid pada periode berikutnya. Jika HPHT Anda pada adlaah 18 Juli 2020 sampai dengan hari ini 24 Agustus 2020 Anda belum haid, maka terhitung 38 hari (terlambat). Apabila terdapat riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya, maka Anda bisa melakukan tes kehamilan. Selain dengan tes kehamilan, kehamilan dapat dideteksi dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan juga pemeriksaan USG kehamilan

Terdapat berbagai macam jenis dan merek test pack, namun secara umum penggunaan test pack tidak jauh berbeda dan pastikan Anda menggunakan urine pagi hari serta lakukan pembacaan sesegera mungkin ntuk menghindari urine yang menguap. 

Adapun cara yang bisa digunakan untuk melakukan test pack adalah:

  • Letakkan testpack pada area liran urine anda, kemudian pastikan saat Anda berkemih, urine Anda mengalir pada testpack
  • Letakkan urine pada wadah khusus, kemudian masukkan test pack pada urine tersebut.
  • Letakkan urine pada wadah khusus, teteskanlah urine pada area khusus test pack 

Pastikan alat test pack tidak kadaluarsa. Periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan USG kehamilan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui masa subur adalah salah satu cara cepat hamil yang perlu Anda lakukan

Berbagai Cara agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan harus direncakan dengan matang. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan, antara lain memahami siklus menstruasi dan masa ovulasi, menerapkan pola hidup sehat, dan frekuensi seks yang cukup.