Telat haid, apakah hamil?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 1 Tahun
Apakah itu tanda kehamilan atau malah penyakit ya dok, karna tidak mens sudah 5 hari telat,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi setiap wanita memiliki durasi waktu 21-35 hari. Jika lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan bahwa kondisi gangguan menstruasi. Pada umumnya, siklus mentruasi wanita 28 hari. Anda harus mengetahui dahulu apakah Anda termasuk siklus menstruasi yang 28 hari, 21 hari, atau 35 hari. 

Hampir setaip wanita mengalami keterlambatan haid. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan haid, yaitu  stres, kelelahan fisik, berat badan yang tidak ideal, penggunaan KB, PCOS, gangguan pada kelenjar tiroid, dan kehamilan. Faktor-faktor tersebut yang sering menyebabkan seseorang menjadi telat had. Jika baru telat haid 5 hari, sebenernya itu masih merupakan hal yang wajar. Bisa jadi penyebabnya karena salah satu faktor diatas. 

Untuk memastikan Anda telat haid karena hamil atau karena penyakit, maka Anda bisa melakukan testpack atau melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar dapat diperiksa fisik secara langsung dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.