Apakah telat haid 4 hari pasti hamil?

AK Info Penanya: AK
Pagi dok biasanya saya menstruasi rutin dg siklus 27/28 hari nah .. bulan ini saya telat 4hr apakah saya hamil ?! Sebelumnya saya memakai kb suntik yg 3bln, dan 3th ini saya tidak memakai kontrasepsi apapun niat pengen hamil lagi!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AK.

Setiap wanita yang normal akan mengalami haid atau menstruasi saat usia suburnya. Dalam 3-8 hari setiap siklusnya, akan keluar darah melalui liang vagina. Darah tersebut berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak terjadinya proses implantasi. Hal ini akan berulang secara teratur, rata-rata setiap 21-35 hari. Jika hal ini tidak rutin, maka hal ini disebut haid yang tidak teratur.

Haid yang tidak teratur atau terlambat haid, bisa disebabkan karena hal-hal berikut:

  • Kehamilan
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, atau implan
  • Gangguan kesehatan lainnya, seperti ketidakseimbangan tiroid
  • PCOS
  • Stres yang berlebihan

Terkait kondis Anda, jika sudah mengalami telat haid selama 4 hari sebaiknya lakukan testpack dulu ya. Jika positif, selamat, berarti Anda hamil. Tetapi, jika negatif, Anda bisa mengulang tes tersebut 7 hari kemudian jika haid belum datang juga. Apabila masih negatif, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab terlambat haid Anda lebih lanjut.

Jika Anda ingin hamil, lakukan hubungan seks teratur 2-3 kali per minggu tanpa kontrasepsi. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, dan minum air putih yang cukup. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengendalikan stres agar hormon tubuh bisa seimbang.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.