23 Jan 2021, 11:38Kandungan

apakah ini gejala hamil atau PMS?

KQ
Info Penanya: KQ0
Saya Telat 4 hari. Saya berhubungan sex pada tanggal 8 Jan dikeluarkan di dalam dan 18 Jan dikeluarkan di luar. Seharusnya di tanggal 19 Jan saya haid tp engga dan malah mengeluarkan semacam keputihan. Sy jg sesekali merasakan kram perut, bahkan ada rasa nyut2an di sisi kanan rahim. Saya belum berani testpack karena belum telat seminggu. Apa ada kemungkinan hamil?
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam KAdanya suatu kehamilan disebabkan oleh pembuahan sel telur oleh sperma. Hal ini bisa terjadi apabila anda berhubungan intim dengan suami pada saat masa subur. Masa subur dihitung berdasarkan siklus haid. Pada wanita dengan siklus haid teratur 28 hari akan memiliki masa subur pada hari ke 14 terhitung sejak hari pertama haid terakhir. Pada wanita dengan siklus haid pada rentang 21-35 hari maka masa suburnya dapat terjadi antara hari ke 11-21 sejak hari pertama haid terakhir.Untuk itu anda bisa memastikan apakah anda berhubungan intim pada saat masa subur. Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk mengetahui masa subur. Bila anda berhubungan intim pada masa subur maka ada kemungkinan terjadinya suatu kehamilan.

Tanda kehamilan dapat menyerupai gejala PMS

Tanda kehamilan bisa didapatkan kram perut, flek coklat, haid terlambat, lemas, dan sebagainya. Akan tetapi keputihan yang normal terjadi menjelang haid. Kram perut juga bisa disebabkan oleh gejala PMS (premenstrual syndrome) yang dapat dirasakan menjelang masa haid. Tanda-tanda kehamilan dapat menyerupai gejala PMS yang kerap kali membuat para wanita bingung.Untuk memastikan kehamilan anda bisa melakukan test pack. Test pack dapat dilakukan paling cepat 7 hari setelah berhubungan, 2 hari setelahnya dan minggu depannya lagi. Pastikan urin yang digunakan cukup pekat (kuning) dan gunakan test pack dengan merek yang berbeda-beda serta gunakan sesuai petunjuk pada kemasan.Bila hasil test pack positif berati anda kemungkinan besar hamil. Bila hasil negatif berarti anda hanya mengalami gejala PMS. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan melalui chat mengenai hal ini. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi ke dokter spesialis kandungan di klinik atau rumah sakit secara langsung.Semoga bermanfaat.
Salam sehat
dr. Pany CL 
kehamilanmasa suburpremenstrual syndrome (PMS)cara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil