Telat 3 minggu tapi Keluar lendir coklat, apakah penyebabnya?

YT Info Penanya: YT, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, Saya Yastuti, ingin bertanya, Saya Sudah telat 3 minggu, namun kemarin Keluar sedikit lendir berwarna coklat Dan Hari ini tidak Ada Keluar lagi. Apakah itu normal atau Tanda keguguran? Mohon informasi lengkapnya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, hasil dari pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter serta hasil dari pemeriksaan USG kehamilan. Pada awal kehamilan, sering terjadi perdarahan, perdarahan tersebut bisa terjadi normal atau bisa juga karena tanda awal dari keguguran.

Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang biasanya terjadi di awal kehailan. Perdarahan implantasi ini terjadi karena janin menempel pada dinding rahim, biasanya hanya berupa bercak merah terang atau kecoklatan dan hanya beberapa jam atau paling lama hanya 3 hari. Perdarahan ini biasanya terjadi 6-12 hari setelah berhubungan seksual.

Terkait dengan pertanyaan Anda, harus dilakukan tes kehamilan. Jika hasilnya samar atau negatif, lakukan tes kembali dengan jeda 1 minggu setelahnya. Bila Anda ragu-ragu, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan serta USG dan penatalaksanaan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi
  • Berusaha mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi
  • Hindari kelelahan dan stres, istirahat dengan cukup
  • Hindari konsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein (kopi)
  • Perbanyak konsumsi sayur dan juga buah
  • Hindari aktifitas fisik yang berlebihan

Semoga beramanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.