Telat haid tapi keluar darah apa tanda hamil?

EP Info Penanya: EP, Wanita, 1 Tahun
Sore dokter saya ella . Usia 30 thn .saya mau tanya bulan kmrn kn saya haid tgl 11 juli . Nah bulan sekrng baru tgl 14 keluar darah. Berarti telat 3 hri ya dok. Siklus haid saya suka mundur dok sblm2 nya.. tpi hri ni keluar darah. Apa kan saya hamil dok..? Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EP,

Siklus haid seorang wanita wajar saja bila mengalami perubahan, baik maju atau mundur karena hormon yang ada di dalam tubuh seringkali mengalami perubahan akibat banyak faktor. Faktor-faktor yang seringkali mempengaruhi siklus haid adalah stres, kelelahan, perubahan berat badan, PCOS, hipertiroid, dll.

Bila Anda memiliki siklus 30 hari, maka Anda mengalami keterlambatan 3 hari. Dan bila Anda curiga apakah Anda sedang hamil atau tidak, Anda bisa melakukan tes pack setelah 7 hari terlambat haid yakni pada tanggal 18 Agustus pagi periksa tes pack menggunakan urin yang pertama kali keluar.

Namun bila hasilnya negatif dan memang tidak ada tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, pusing, lemas, dll, maka Anda hanya mengalami keterlambatan haid biasa saja, bukan suatu kehamilan. Namun bila hasilnya samar namun ada tanda-tanda kehamilan, maka tes pack bisa diulang jarak 1 minggu kemudian yakni pada tanggal 25 Agustus untuk memastikan hasilnya.

Bila tetap negatif, maka lakukan pola hidup sehat untuk melancarkan haid Anda dengan cara:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas setiap hari.
  • Lakukan olahraga secara rutin agar berat badan bisa seideal mungkin.
  • Jangan stres.

Bila siklus haid Anda sering tidak teratur, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terlebih bila Anda sedang ingin mendapatkan momongan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!