04 Dec 2020, 12:34Kandungan

Testpack samar disertai perdarahan, apakah penanda hamil?

AM
Info Penanya: AM0
Dok, saya umur 26 th. Th lalu ada riwayat keguguran. Th mencoba program lgi, terakhir haid tgl 20 okt 2020.. Saya telat 2minggu, sdh 4x tespek. Pertama hasil negatif, kedua dan ketiga samar banget, keempat negatif. Setelah tespek yg keempat kali keluar darah tpi tidak sebanyak haid. Apakah ini haid atau yg lain ya?
339 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, AMTerima kasih atas pertanyaannya.Haid umumnya akan terjadi setiap 28 hari sekali atau 21-35 hari sekali.  Apabila haid diluar siklus tersebut maka ada gangguan pada siklus haid.  Terlambat haid identik dengan kehamilan namun kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti stress, kelelahan, penggunaan KB, perubahan berat badan, ataupun gangguan pada rahi,Testpack dilakukan untuk mendeteksi adanya hormon kehamilan pada urin.  Hormon kehamilan umumnya akan muncul ketika 6 hari setelah terjadi pembuahan dan akan meningkat setiap 2-3 hari. 

Penyebab hasil testpack garis kedua samar :

  • Keadaan hamil namun hormon kehamilan masih rendah sehingga tidak terdeteksi secara sempurna. Untuk itu diperlukan testpack ulang 7-10 hari setelah testpack pertama.
  • Urin yang menguap
    Pembacaan test kehamilan yang lama atau garis kedua muncul lebih lama dari waktu yang dianjurkan bisa membuat test seakan samar dua padahal kemungkinan hal tersebut karena urin yang menguap.
  • Testpack sudah expired atau kadaluwarsa
    Pastikan membeli testpack dengan kondisi baik dan belum kadaluwarsa.
Hasil negatif pada testpack maka kemungkinan tidak ada hamil atau testpack masih terlalu dini.  Flek kehamilan hanya terjadi 1-2 hari, berupa bercak merah hingga coklat tanpa gumpalan.  Anda dapat ulang testpack dalam jarak 10 hari lagi atau periksa ke dokter kandungan guna dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes darah ataupun pemeriksaan USG jika diperlukan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil