01 Jun 2020, 07:33Kandungan

Telat menstruasi 2 bulan

MH
Info Penanya: MH0
Selamat pagi DokSaya mau bertanya, saya menikah susah mau setahun, istri saya sudah telat 2 bulan kemaren berobat kedokter ternyata belum ada janinya, sudah dikasih vitamin juga padahal.. Selama telat itu kadang istri saya suka mengalami keram diperut, Tp paas tespack pagi ini garisnya pun masih 1, itu kenapa ya dok mohon pencerahanya dan saya harus kedokter atau bidan saja
14909 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi MH,Terlambat haid adalah kondisi yang tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi pemicu terlambat haid seperti masalah organ reproduksi, masalah psikologis seperti stres, aktivitas fisik berat, ataupun masalah kesehatan seperti gangguan tiroid.Apabila ada masalah kesehatan reproduksi, tidak jarang bisa menimbulkan gangguan siklus menstruasi. Jadi perhatikan juga siklus-siklus bulan lainnya apakah sering tidak teratur.Apabila sudah dilakukan pemeriksaan USG dan testpack masih negatif bisa perhatikan lebih lanjut, apabila sampai 90 hari masih tidak menstruasi perlu kembali diulang pemeriksaannya.Beberapa upaya lain juga perlu dilakukan agar membantu menjaga kesehatan seperti:
  • Cukup istirahat dan tidur 7-8 jam setiap harinya
  • Hindari aktivitas berat
  • Kelola stres dan beban pikiran
  • Upayakan olahraga teratur
  • Jaga asupan makan
  • Konsumsi vitamin dan suplemen seperti asam folat, dha, vitamin B12
Perhatikan gejala lain yang timbul karena bisa membantu memberikan informasi tambahan pada dokter untuk memastikan apa pemicunya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil