Telat haid lalu keluar flek apa penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita, 22 Tahun
Bismillaah.. Dokter saya telat haid 15 hari. Saya cek di hari ke 13 negatif.kemudian, di hari ke 15. jam 12 siang Saya lompat krena reflek ada nyamuksetelah kejdian itu perut saya tegang sakit di bagian bawah teerkadng sebelh kiri perut bwah.nyeri spt gejala haid disertai demam dan sedikit mual, kemudian besoknya jam 6 pagi. Vagina mengeluarkan darah spt sel2 tidak banyak spt 1/4 sdt Mohon tanggapannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Keluhan yang timbul bisa disebabkan karena beberapa kejadian bersamaan yang sebenarnya tidak berkaitan. Jadi saat akan perdarahan bisa sudah memasuki masa PMS sehingga saat perdarahan timbul bisa memicu nyeri haid dan kram menstruasi. Selain itu saat melompat juga bisa memicu kontraksi otot perut yang membuat keluhan nyeri dan kram otot. 

Jika dilakukan testpack dan negatif berarti tidak ada kehamilan. Terlambat haid sendiri bisa karena stres, gangguan hormonal ataupun karena gangguan organ reproduksi. Tidak perlu terlalu dikhawatirkan tetapi jika merasa was-was ada baiknya juga bisa dipastikan dengan pemeriksaan langsung pada dokter.

Bisa lakukan kompres hangat atau mandi air hangat jika terasa masih nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kram. Bisa juga lakukan lagi testpack 2 minggu kemudian untuk memastikan tidak hamil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.