Terlambat haid 1 minggu, apakah saya hamil?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 21 Tahun
Dok saya telat 1 minggu dan mens saya berwarna hitam.dan sekarang memasuki hari ke 4 hnya flek coklat dan rasanya seperti lgi sakit maag. Apakah itu tanda hamil dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RR

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tanda pasti kehamilan ada banyak, namun yang bisa kita lakukan dirumah adalah tes kehamilan. Selain itu tanda pasti dari sebuah kehamilan adalah  beberapa pemeriksaan fisik yang bisa dilakukan oleh dokter dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG kehamilan.

Siklus menstruasi normal pada wanita berlangsung pada 21-35 hari. rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Perhitungan siklus menstruasi ini dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk merencanakan kehamilan, pastikan anda melakukan hubungan seksual pada saat anda mendapatkan masa subur. Selain adanya kehamilan, terlambatnya menstruasi juga disebabkan oleh beberapa hal. 

Hal-hal yang dapat mempengaruhi terlambatnya menstruasi diantaranya adalah:

  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Stres
  • Kelelahan
  • PCOS
  • Berat badan tidak ideal (terlalu kurus/gemuk)

Terkait dengan pertanyaan Anda, munculnya flek bisa karena anda menstruasi bisa karena perdarahan implantasi (perdarahan pada awal kehamilan). Untuk itu pastikan anda melakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Bila hasilnya samar, lakukan tes kemabali dengan jeda 1 minggu kemudian. Jika Anda ragu-ragu dengan hasilnya silakan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari kelelahan dan stres, istirahat cukup, lakukan oalhraga ringan agar badan tetap bugar, dan cukupi kebutuhan cairan harian.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RR
05 May 2020, 03:54
Saya sudah tes kehamilan dok Yg pertama hasilnya negativYg kedua hasilnya negativ kan dok tapi setelah saya letakan di kmarik kamar mandi dan saya buang kencing yg digunakan untuk tes lalu muncul garis samarnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 May 2020, 16:49
Sore RR,
Apabila mengalami keterlambatan haid dan aktif berhubungan seksual tanpa kontrasepsi baiknya bisa dipastikan dengan USG ya. Karena samar sendiri bisa disebabkan alat test yang kurang akurat ataupun cara penggunannya yang kurang tepat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.