Telat 1 minggu?

RW Info Penanya: RW, Wanita
Telat haid 1 Minggu dan badan terasa gak enak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Berdasarkan keluhan yang Anda rasakan. Apa Anda sudah menikah? Apakah ada keluhan lain seperti mual muntah?

Banyak penyebab kenapa wanita bisa telat 1 minggu. Setiap wanita mempunyai siklus berbeda-beda ada yang 21 hari, ada juga yang 35 hari, 21-35 hari masih dianggap normal.

Penyebab yang lain kenapa menstruasi terlambat 1 bulan bisa juga dikarenakan kehamilan, sedang menyusui, penyakit yang mempengaruhi hormon seperti penyakit tiroid, sindrom ovarium polikistik (PCOS), tumor hipofisis, penyakit kelenjar adrenal, kista ovarium, gangguan hati dan penyakit diabetes, gaya hidup seperti stres, merokok, obesitas atau penurunan berat badan secara berlebih, efek samping obat hormon, pil kb.

Selain telat datang menstruasi ada gejala lain yang akan ditimbulkan dari masing-masing penyebab. Jika Anda sudah menikah dan sudah pernah berhubungan seksual. Disarankan untuk melakukan test pack terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif disarankan untuk segera ke dokter kandungan untuk mencari tahu sebab yang pasti.

Baca juga artikel Team SehatQ, 7 hal mungkin telat menstruasi di luar kehamilan.

Semoga bermanfaat, 

Salam Sehat

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.