Telas haid setelah melahirkan apakah bisa hamil

AS Info Penanya: AS, Pria, 24 Tahun
Dok.. Istri saya kan setelah melahirkan anak ke dua telat haid selama 5 bulan .. Setelah itu sudah bisa mens 2 bln saja.. Terus di bulan ini telat haid lebih 1 minggu..??Itu kenapa ya dok..??Apa bisa hamil..??Kami berhubungan intim menggunakan kondom..Waktu Telat 5 hari istri saya test pack garis 1.. Mohon solusinya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AS,

Terlambat haid bisa merupakan tanda awal kehamilan tapi tidak selalu terlambat haid penyebabnya adalah kehamilan. Jika baru melahirkan perlu diketahui menggunakan metode kontrasepsi tidak. Jika tidak menggunakan kontrasepsi dan rutin melakukan hubungan seksual kemungkinan hamil bisa terjadi.

Penyebab lain yang bisa jadi penyebab haid tidak teratur dan terlambat menstruasi sendiri adalah:

  • Ketidakseimbangan hormonal 
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Mengalami stres atau beban pikiran
  • Mengalami penurunan berat badan yang drastis
  • Memiliki gangguan kesehatan lain seperti misalnya masalah tiroid
  • Aktivitas fisik dan gaya hidup yang kurang baik misalnya karena sering begadang karena ada bayi

Jadi kalau memang sudah tidak lagi ingin memiliki momongan kembali dalam waktu dekat perlu menggunakan metode kontrasepsi. Jika ingin menunda dalam waktu yang cukup lama bisa coba gunakan metode kontrasepsi untuk ibu menyusui seperti KB implan, IUD ataupun bisa suntik KB.

Jadi saat ini kalau kemarin sudah testpack dan hasilnya negatif bisa coba diulang dalam 14 hari berikutnya ya. Jika hasilnya tetap negatif berarti tidak hamil. Tapi kalau ada tanda samar pada alat testpack atau positif, perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Jika sebelumnya melahirkan dengan metode operasi caesar maka perlu lebih diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.