Telapak tulang benjol

XP Info Penanya: XP, Wanita, 2019 Tahun
dokter saya ingin bertanya,telapak tangan tulang jempol saya benjol,sudah berhari hari/sudah dua tahun saya sudah sadar,entah kenapa,jatuh,atau kecelakaan,saya tidak merasakan sakit apapun..ingin di pijit tapi takut sakit,tapi kalo disentuh dan di dorong tidak sakit dok,tolong ini penyakit apa ya dok? saya takut apa apa gitu..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi XP,

Benjolan pada tulang jempol dapat timbul akibat beberapa kemungkinan penyebab seperti:

  • Penyakit sendi seperti asam urat atau peradangan sendi
  • Timbul tumor jaringan lunak seperti kantung berisi cairan atau kista yang disebut dengan ganglion
  • Pembesaran sel lemak yang abnormal atau lipoma
  • Adanya infeksi kulit
  • Trauma atau cedera yang menimbulkan pembengkakan, pergeseran tulang, atau adanya darah yang terkumpul yang disebut dengan hematoma

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter dimana nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen atau USG untuk menilai apa yang menjadi penyebabnya dan langkah penanganan selanjutnya. Upayakan untuk menghindari beban berat menggunakan tangan tersebut,  jika timbul nyeri dan terjadi pembengkakan dapat dilakukan kompres menggunakan kompres dingin dan obat pereda nyeri jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Skoliosis ringan sering tidak menimbulkan gejala apapun

Memahami Kondisi Skoliosis Ringan dan Risiko Komplikasinya

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke samping. Skoliosis ringan tidak menimbulkan gejala, tetapi kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi.