Telapak tangan gatal dan muncul bintik merah, apa penyebabnya dan cara mengobatinya?

CE Info Penanya: CE, Wanita, 18 Tahun
Telapak Tangan gatal di dlam kulit, dan itu muncul bintik-bintik merah ., penyebabnya apa dan cara pengobatannya bagaimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CE

Kemungkinan kulit telapak tangan anda terkena iritasi. Iritasi bisa akibat panas atau zat kimia (detergent, sabun, cairan pembersih, dll) dan bisa juga akibat infeksi misalnya kutu air. Walaupun namanya kutu air tapi penyebabnya adalah jamur. Jamur biasanya tidak mudah tumbuh di kulit kecuali ada faktor seperti kondisi badan sedang tidak fit, kulit telapak tangannya pecah-pecah atau kulit sedang teriritasi.

Untuk pertolongan pertama, cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun antiseptik yang tidak memakai pewangi / parfum. Kemudian anda dapat menggunakan bedak atau salep gatal yang dijual bebas di pasaran. Kebanyakan masalah iritasi akan tertangani dengan cara ini. 

Namun jika keluhan tidak berkurang maka sebaiknya anda konsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bisa ke dokter umum atau dokter spesialis kulit agar tatalaksananya sesuai kondisi kulit anda.

Berikut saya lampirkan artikel Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Tangan yang Efektif dan Hindari Gatal di Kulit, dengan Mengetahui Penyebab Keringat Buntet untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentonite clay atau montmorillonite dianggap memiliki manfaat kesehatan.

Bentonite Clay, Zat Abu Vulkanik yang Dipercaya Baik untuk Kesehatan

Bentonite clay atau montmorillonite adalah zat yang diambil dari abu vulkanik. Kemampuannya dalam mengobati berbagai macam penyakit maupun produk kecantikan, membuat bentonite clay laku keras di apotek dan klinik. Meski begitu, kebenarannya masih perlu dikulik.