Telapak tangan dan kaki sering berkeringat saat sedang tidak beraktivitas

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Assalamualaikum dokter , saya perempuan berumur 18 thun , dok saya ingin bertanya telapak tangan dan kaki saya setiap hari selalu mengeluarkan keringat padahal saya tidak sedang melakukan aktifitas berat , dokter apakah telapak tangan dan kaki berkeringat itu tanda - tanda penyakit dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SUY

Terimakasih atas pertanyaannya.

Keringat di telapak tangan dan kaki menandakan adanya metabolisme yang cukup tinggi. Keringat biasanya dihasilkan bila sedang aktivitas berat atau sedang melawan suatu radang atau infeksi. Infeksi bisa yang bersifat akut dengan disertai demam tinggi ataupun infeksi kronis seperti TBC.

Kemudian kondisi klinis yang juga mengakibatkan telapak tangan dan kaki berkeringat adalah suatu gangguan pada hormon seperti hormon tiroid yang terlalu tinggi. Atau juga pada saat siklus haid terjadi perubahan keseimbangan hormon, contohnya pada fase ovulasi. Kondisi klinis lainnya juga seperti gangguan pada jantung.

Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya evaluasi dan konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang

9 Cara Menyeimbangkan Hormon, Sudahkah Anda Lakukan?

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Cara menyeimbangkan hormon bisa dimulai dari menjaga kualitas tidur hingga pola makan.