Telapak tangan dan kaki sering berkeringat, mohon saran atau solusinya.

AR Info Penanya: AR, Pria, 26 Tahun
Maaf saya mau tanya, tangan & kaki(telapak) saya seperti berkeringat d waktu yg tidak tentu, banyak yg bilang itu paru" basah, ada yg bilang lemah jantung, periksa ke dokter tidak ada penyakit apapun, minta saran atau solusinya dok, terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR

Penyebab keringat berlebih yang paling sering dan sederhana adalah faktor keturunan dan genetik anda. Kemudian bisa juga bila ada gangguan metabolisme tubuh yang mempengaruhi cara kerja dan kecepatan kerja dari tubuh sehingga menjadi lebih cepat. Metabolisme dipengaruhi oleh kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroid. Bila kelebihan hormon tiroid gejalanya bisa keluar keringat berlebihan terutama di telapak tangan, jantung berdebar-debar, nafas cepat serta penurunan berat badan. 

Selain itu bila anda memiliki penyakit kronis seperti infeksi atau kanker juga dapat mengakibatkan keringat berlebih. Sehingga anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan keahlian Metabolisme dan Endokrin (gelarnya SpPD-KEMD) dan biasanya berpraktek di RS besar di kota anda.

Keringat Berlebihan pada Wanita? Atasi dengan Cara Ini!

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diaphoresis atau keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan di tubuh

Berbagai Penyebab Keringat Dingin, Waspadai yang Berbahaya

Diaphoresis atau keringat dingin adalah keluarnya keringat yang terjadi secara mendadak meskipun tidak sedang melakukan aktivitas. Keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gangguan kecemasan, rasa sakit dan syok, kekurangan oksigen atau hipoksia, diabetes, hipertiroid, serangan jantung, kanker, reaksi alergi, dan penggunaan obat-obatan.