Telapak tangan dan kaki sering berkeringat

SW Info Penanya: SW, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dokSaya mau tanya, telapak tangan dan kaki saya sering berkeringatDan itu sudah bawaan lahirApakah itu termasuk ciri penyakit jantung lemah? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SW,

Telapak tangan dan kaki sering berkeringat bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab dan bukan karena memiliki penyakit jantung lemah. Keringat pada telapak tangan atau bagian tubuh lain bisa dipicu oleh produksi keringat berlebih yang disebut dengan hiperhidrosis. Kondisi ini dapat timbul dipicu oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif, kondisi psikis, kondisi cuaca, suhu ruangan, ataupun karena kondisi medis tertentu seperti kelebihan berat badan, menderita asam urat, diabetes, gangguan tiroid dan lainnya.

Untuk mengatasi hiperhidrosis dapat dilakukan beberapa cara seperti memakai antiperspirant, hindari pemicu keringat, gunakan handuk untuk membasuh keringat, kelola stres dan juga bisa memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan penanganan seperti dengan penyuntikan botox pada bagian yang bekeringat berlebih, ataupun jika diperlukan prosedur operasi untuk mengangkat kelenjar keringat. Untuk itu periksakan kondisi Anda pada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

4 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain untuk meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Vitamin E juga dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh.