Suhu tubuh naik turun, kenapa?

HA Info Penanya: HA
Halo doc, umur saya 14thn. 3 bulan yg lalu abis dikerok, bbrpa hari sesudahnya telapak kaki dan tangan terasa hangat/keringat dingin. Waktu itu sempat kena tipes lalu sembuh dan rasa panas pd kaki,tangan dan badan hilang. Setelah tipes sy sembuh, mulai lgi telapak tangan &kaki berkeringat dingin/hangat Terjadi beberapa menit lalu normal kembali.Badan juga terasa kaya tersengat gitu, sehingga suhu kadang agak hangat, tetapi setelah itu normal kembali begitu seterusnya. Itu kenapa ya doc?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HA.

Suhu tubuh adalah salah satu indikator kesehatan, dimana pada seseorang yang sehat suhu tubuh berkisar antara 36.5-37.5 derajat celcius. Ketika suhu meningkat, akan disebut subfebris (agak demam) pada suhu 37.5-38 derajat celcius, dan febris (demam) pada suhu di atas 38 derajat celcius.

Terkait kondisi yang Anda alami, sebaiknya ukurlah suhu tubuh pada saat Anda merasa hangat. Jika memang di atas 38 derajat celcius, berarti kondisi ini tidak normal, apalagi sudah berlangsung selama tiga bulan. Beberapa penyakit yang menyebabkan demam naik turun secara kronis adalah tuberkulosis, hepatitis, atau infeksi saluran cerna.

Tetapi, jika suhu tubuh normal saat Anda merasa hangat, kemungkinan disebabkan faktor lainnya. Misalnya, suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin, kelelahan, merasa cemas, stres, dan lain-lain. 

Sebaiknya, bicarakan kondisi ini kepada orangtua Anda, agar orangtua dapat mengajak Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti laboratorium dan lain-lain, untuk memastikan penyebab pasti kondisi Anda.

Untuk sementara, makan yang bergizi dan minum air putih yang cukup ya, apalagi Anda sedang dalam masa pertumbuhan. Hindari stres berlebih, jangan begadang, dan usahakan bergerak aktif sehari-hari. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tradisional campak yang bisa Anda coba antara lain adalah cengkih.

Terbuat Dari Bahan Alami, Ini Obat Tradisional Campak yang Bisa Anda Coba

Beberapa tanaman herbal dimanfaatkan sebagai obat tradisional campak secara turun-temurun. Khasiatnya yang beragam juga membuat tanaman-tanaman herbal ini ampuh sembuh berbagai penyakit lainnya lho, termasuk sebagai obat tradisional campak.