Telapak kaki sakit saat berjalan setelah bangun tidur

S Info Penanya: S, Pria, 42 Tahun
Pagi, Dokter, telapak kaki kanan saya sering ngilu setelah bangun tidur? Padahal saya sudah pernah tes gula darah di lab hasilnya normal, tapi gliserinnya di atas normal (<14 dr std) terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam, Bapak S

Rasa nyeri di telapak kaki atau di bagian bawah tumit dapat muncul karena nyeri tekan. Kondisi ini dapat muncul saat bangun tidur di pagi hari, setelah berjalan jauh, setelah berdiri lama maupun saat duduk terlalu lama.

Nyeri kemudian perlahan akan diikuti dengan rasa kaku, lalu akan sedikit berkurang setelah berjalan beberapa langkah. Nyeri dapat bertambah saat menaiki tangga atau berdiri lama.

Nyeri di telapak kaki umumnya muncul karena radang pada lapisan pembungkus otot pada bagian tumit dan bawah kaki. Lapisan ini, dalam istilah Kedokteran disebut sebagai Plantar Fasciadan peradangan pada daerah ini disebut Plantar Fasciitis.

Umumnya, kondisi ini dialami oleh:

  • Kelompok usia diatas 40 tahun sampai 60 tahun.
  • Mereka dengan Berat Badan berlebihan (Gemuk dan Obesitas).
  • Kelainan telapak kaki bawaan seperti telapak kaki yang datar tanpa lengkungan, atau kaki leper dll.
  • Orang yang memiliki kebiasaan berjalan dengan berjinjit

Kondisi ini juga dapat dirasakan apabila Bapak memakai sepatu yang tidak tepat dengan bentuk kaki untuk jangka waktu yang lama, seperti sepatu yang terlalu longgar, tidak pas dengan kaki, sepatu dengan alas terlalu tipis. Selain itu, atifitas fisik yang sering menggunakan tumit kaki atau yang sering bertumpu pada bagian tumit kaki seperti olahraga aerobik, berlari jarak jauh dan menari balet juga dapat menjadi penyebab munculnya nyeri pada telapak kaki. 

Untuk mengatasi nyeri di telapak kaki, bapak dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Mengistirahatkan kaki dengan cara berbaring.
  • Mengurangi aktifitas yang menggunakan kaki
  • Menurunkan Berat Badan untuk Penderita yang gemuk dan Obesitas
  • Kompres tumit dengan air dingin (bukan air es atau batu es)

Informasi yang kami sampaikan ini, baru merupakan salah satu kemungkinan saja dari banyak penyebab sakit pada tumit kaki. Sehingga, untuk lebih jelasnya Bapak disarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis (SpRM) atau Dokter Spesialis Ortopedi di Rumah Sakit terdekat.

Kemudian untuk kadar gliserin yang meningkat, hal ini kemungkinan disebabkan karena makanan yang Bapak konsumsi setiap hari secara rutin sebelum melakukan cek laboraotium. Gliserin adalah zat yang aman yang sering digunakan sebagai pewarna, pengawet dan pencampur dalam banyak bahan makanan.

Semoga jawaban di atas dapat membantu. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi secara langsung ke dokter dengan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat agar pemeriksaan dapat dilakukan secara menyeluruh.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil yang mengidap diabetes memiliki potensi melahirkan bayi dengan spina bifida

6 Faktor Risiko di Balik Spina Bifida, Apa Anda termasuk?

Spina bifida adalah kelainan bawaan lahir yang terjadi saat tabung saraf pada tulang belakang tidak menutup dengan sempurna. Salah satu faktor yang meningkatkan risiko spina bifida adalah ibu hamil mengidap diabetes.