Kenapa telapak tangan dan telapak kaki sakit dan kaku?

RS Info Penanya: RS
Dok kenapa telapak kaki sakit dan tangan kaku ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RS,

Nyeri pada telapak tangan dan kaki adalah gejala yang bisa timbul akibat aktivitas atau kegiatan sehari-hari dimana aktif menggunakan tangan seperti untuk memotong, menulis, mengetik dan lainnya dan juga pada kaki bisa karena banyak berjalan, berdiri lama dan lainnya.

Keluhan juga bisa timbul akibat gangguan pada area telapak kaki dan tangan baik masalah otot, masalah tendon, masalah saraf, sendi, tulang dan jaringan lain. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa gangguan kesehatan seperti neuropati atau gangguan saraf, peradangan sendi atau artritis, bisa juga dipicu penyakit lain seperti diabetes, penyakit asam urat ataupun lainnya.

Untuk itu bisa perhatikan aktivitas sehari-hari dimana bisa dibatasi kegiatan yang sering dan berulang menggunakan tangan, gunakan alas kaki yang nyaman, kurangi berdiri lama dan juga bisa kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat. Bisa juga konsumsi parasetamol dan suplemen vitamin seperti vitamin B kompleks untuk mengurangi gejala.

Periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Apabila timbul tanda peradangan seperti pembengkakan, terasa nyeri hebat, tampak kemerahan, teraba hangat dan sulit digerakan maka perlu untuk segera ditangani. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya berat badan, membuat nyeri sendi pada ibu hamil menjadi kondisi yang sering terjadi

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil Secara Alami

Nyeri sendi pada ibu hamil adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tentu kondisi ini sangatlah mengganggu dan menghambat kegiatan sehari-hari. Beruntung terdapat berbagai cara untuk mengatasinya baik secara alami maupun dengan obat-obatan.