telapak kaki sakit dengan riwayat diabetes

NY Info Penanya: NY, Wanita, 41 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Mbak ART saya setiap malam selalu mengeluh telapak kakinya sakit. Dan itu membuat dia tersiksa dan semaleman gak bisa tidur. Anehnya jika pagi atau siang rasa sakitnya hilang. Tapi sepertinya bukan asam surat karena yg dia rasakan cuma telapak kaki saja.Kira kira sakit apa ya dok? Sudah dicoba direndam air hangat pakai garam kalau malam masih sakit. Oya usianya 46 tahun ada riwayat penyakit diabetes. Terima kasih banyak dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NY

Ada beberapa penyebab nyeri pada telapak kaki diantaranya plantar fascitis atau radang jaringan fasia telapak kaki akibat trauma menapak kaki (efek berlari, berjalan, memakai hak tinggi, berdiri lama). Selain itu nyeri telapak kaki juga dapat dicetuskan kelainan metabolik seperti asam urat yang tinggi dan diabetes. 

Pada Mba ART anda terdapat riwayat diabetes diperkirakan penyebab nyeri pada telapak kaki adalah efek gula darah yang tinggi sehingga terjadi neuropati atau pelemahan saraf pada kaki sebagai efek kerusakan mikrovaskular/pembuluh darah kecil di kaki. Gula darah yang tinggi pada pasien demam menyebabkan kondisi ini yang dapat mencetuskan nyeri, rasa panas seperti disiram air dan hilang rasa atau kebas pada akhirnya, jika terdapat luka maka dapat terjadi borok ulkus. 

Jika terdapat nyeri sebaiknya merendam kaki dengan air dingin atau kompress dingin, pemberian krim atau salep yang mengandung mentol juga dapat membantu mengurangi nyeri. Selain itu yang paling penting dilakukan adalah kontrol gula darah menjadi normal agar tidak terjadi kerusakan pembuluh darah dan saraf kaki yang memicu neuropati dan nyeri. Untuk nyeri neuropati biasanya dokter menyarankan pasien untuk meminum obat gabapentin dan kontrol gula darah dengan obat antidiabetes seperti metformin.

Saya sarankan agar anda membawa mba ART anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk masalah nyeri pada telapak kaki dan kontrol gula darah 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retinopati diabetik sering terjadi pada lansia yang mengalami diabetes

Retinopati Diabetik: Efek Gula Darah Tinggi pada Mata

Retinopati diabetik adalah komplikasi diabetes yang ditandai dengan penglihatan yang terasa buram setelah mengonsumsi karbohidrat. Biasanya kondisi ini dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.