Telapak kaki kiri kram dengan riwayat kram sebelumnya bergantian di antara kedua betis

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Dok kok tiba2 telapak kaki saya kram, pdhl sudah lama tdk kram kalau kram pun di betis ndk di telapak kaki, kalau dibetis kadang ganti gantian, kalau telapak kaki sebelah kiri saja dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RA.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Kram pada telapak kaki atau betis merupakan kram yang terjadi pada otot kaki. Kram itu sendiri merupakan kontraksi otot yang terjadi diluar kendali Anda, atau tanpa perintah dari otak. Penyebab dari kram belum dapat ditentukan dengan pasti. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kram, yakni :

  • Rendahnya kadar elektrolit (khususnya kalium dan magnesium), karena mekanisme kerja otot dipengaruhi oleh mineral tersebut
  • Kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi (dehidrasi)
  • Konsumsi obat tertentu (yang mengakibatkan pengeluaran cairan dan elektrolit) atau obat stimulan yang memicu kontraksi otot
  • Kelelahan (kurang tidur) memberikan sinyal pada otot untuk beristirahat
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein dpaat memicu kontraksi otot

Setelah mengetahui pemicu dari terjadinya kram, maka selanjutnya yang dapat Anda upayakan adalah mencukupi asupan cairan setiap harinya minimal 2 liter/hari,  memperbanyak konsumsi sayuran hijau sebagai sumber mineral, menyeimbangkan pola aktivitas fisik dan istirahat, berolah raga secara teratur namun tidak terlalu berat. Jika perlu Anda dapat mengkonsumsi suplemen mineral secara khusus untuk mencukupi kebutuhan mineral Anda.

Apabila setelah mencoba tips-tips berikut keluhan kram tidak kunjung membaik, konsultasikanlah secara langsung kepada dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat memicu terjadinya kram otot

Penyebab Kram pada Otot yang Wajib Anda Ketahui

Kontraksi otot atau kram otot biasa terjadi di bagian paha, betis, perut, dan lengan. Salah satu pemicu dan penyebab umum yang dapat mengakibatkan kram adalah kelelahan.