Telapak kaki kebas, kaku, nyeri, dan bengkak. Kenapa?

MC Info Penanya: MC, Wanita, 39 Tahun
Selamat malam dokter,Telapak kaki kanan saya udah 1 bln terasa kebas,kaku,sakit dan kalau berjalan terasa bengkak.Klo blh tau sakit apa ya ? Mohon bantuannya & Sebelumnya sy ucapkan terima kasih....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MC.

Ketika berjalan, seseorang menapakkan kaki ke lantai yang ia jejak untuk melangkah. Apabila telapak kaki mengalami gangguan, tentu orang tersebut akan merasakan ketidaknyamanan saat berjalan. Gangguan telapak kaki biasanya disertai dengan reaksi radang, yaitu panas, merah, bengkak, dan nyeri.

Terkait keluhan yang Anda alami, peradangan pada telapak kaki bisa disebabkan oleh:

  • Luka atau penyakit kulit telapak kaki, misalnya tinea pedis
  • Peradangan persendian tulang telapak kaki, misalnya disebabkan oleh asam urat berlebih atau rematik
  • Gangguan pada saraf telapak kaki
  • Gangguan pada pembuluh darah telapak kaki

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda rasakan, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter. Dokter akan memeriksa dan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan, misalnya radiologi. Setelah itu, dokter akan memberi terapi atau merujuk Anda ke dokter spesialis terkait apabila dibutuhkan. 

Untuk sementara, Anda bisa mencoba mengurangi frekuensi berdiri atau berjalan. Saat tidur, ganjal bantal di bawah kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya, dan aliran darah lebih lancar. Minum air putih yang cukup dan hindari dulu makanan cepat saji yang mampu memperparah reaksi radang.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telapak kaki panas bisa disebabkan karena kelelahan atau adanya penyakit tertentu

11 Penyebab Telapak Kaki Panas yang Harus Anda Waspadai

Telapak kaki panas disertai rasa sakit adalah gejala dari penyakit seperti nefropati, infeksi jamur, penyakit ginjal kronis, kekurangan hormon tiroid, HIV atau AIDS.