Telapak kaki dengan titik keras yang semakin banyak?

KF Info Penanya: KF, Pria, 21 Tahun
cara mengobati kaki yang titik titik keras seperti kulit mati,awalnya satu lama kelamaan jadi banyak mohon solusi pengobatan dan apa obatnya,awal terjadi pas kelas satu sma skrng saya sudah lulus sma malah makin banyak,ini membuat saya tidak percaya diri.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KF

Problem yang anda alami dikenal sebagai mata ikan. Awalnya ada benjolan di kaki atau tangan dan semakin lama akan nyeri saat ditekan. Menyerupai kapalan mata ikan merupakan tumpukan kulit yang menjadi keras, bedanya dengan ukuran lebih kecil dengan bagian tengah yang keras.

Penyebabnya karena adanya tekanan atau gesekan yang berulang pada kulit. Sebagai responnya maka terjadi penebalan kulit. Misalnya pada kondisi menggunakan sepatu tanpa kaos kaki, menggunakan sepatu yang tidak pas di kaki dan sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi pada wanita.

Konsultasi langsung dengan dokter jika terasa sakit dan meradang terutama bila timbul gejala infeksi. Jika Anda mengalami mata ikan, jangan memotong mata ikan. Anda dapat merendam bagian kulit yang mengalami mata ikan ke dalam air hangat dan menggunakan batu apung atau alat penggosok untuk mengelupas kulit-kulit mengeras pada mata ikan.

4 Pilihan Salep Mata Ikan yang Bisa Anda Coba

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.