Mengapa saya mudah berkeringat terutama pada telapak kaki dan telapak tangan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 18 Tahun
malam dok,,saya mau tanya..knp telapak tangan dan telapak kaki saya sering mengeluarkan keringat dan akan lebih banyak saat saya deg2 an...gmn ya doksolusi nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keringat merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Keringat dikeluarkan oleh kelenjar keringat tubuh. Keringat biasa muncul saat cuaca panas, saat berolahraga, atau saat melakuan aktivitas lainnya. Keringat yang berlebih, terkadang menyebabkan rasa yang kurang nyaman. Adapun beberapa kondisi mendis yang dapat menyebabkan keringat berlebih adalah hiperhidrosis, hipertiroid, kecemasan dan beberapa kondisi medis lainnya.

Adapun beberapa manfaat dari keringat adalah:

  • Menjaga suhu tubuh
  • Membersihkan tubuh dari zat / senyawa yang tidak dibutuhkan
  • Membunuh bakteri
  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa dikarenakan oleh beberapa kondisi, jika ANda merasa tidak nyaman dan atau disertai keluhan lain yang menyebabkan Anda merasa terganggu silakan periksakan diri Anda  ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter mungkin akan merujuk ke spesialis lainnya yang terkait apabila diperlukan, misalnya spesialis kulit.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi , hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuahan cairan harian Anda, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya

4 Metode Penghilang Luka Bakar yang Efektif untuk Anda

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya. Perawatan untuk bekas luka bakar terdiri atas empat metode, yaitu dengan krim, prosedur tanpa operasi, laser, dan operasi.