Apa kira-kira hamil?

MR Info Penanya: MR, Wanita
Saya mau bertanya dok, saya sudah 45 hari belum juga haid, dan hasil tespek 2 kali negatif dok, saya merasakan sakit pinggang dan punggung, dan payudarah saya terasa padat. Itu berarti saya hamil atau gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MR,

Terlambat haid seringkali dikaitkan dengan kehamilan, terutama bila Anda aktif berhubungan seksual. Namun terlambat haid tidak selalu disebabkan kehamilan, banyak penyebab lainnya yang mempengaruhi siklus haid Anda seperti stres, kelelahan, berat badan tidak ideal, dll.

Kapan Anda melakukan tes pack? Tes pack idealnya dilakukan paling cepat 7 hari setelah terlambat haid dengan perkiraan siklus haid Anda selalu teratur. Pemeriksaan yang terlalu cepat seringkali hasilnya kurang akurat dan menimbulkan kebingungan.

Sedangkan untuk keluhan nyeri pinggang dan punggung bukan hanya disebabkan oleh ciri kehamilan saja, namun bisa diakibatkan kurangnya minum air putih, saraf tulang belakang yang terjepit, atau postur tubuh yang tidak baik.

Sementara yang dapat Anda lakukan bila saat tes pack ulang tetap negatif hasilnya adalah:

  • Perbanyak makan sayur hijau dan protein seperti daging tanpa lemak, telur, ayam, ikan.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Olahraga secara rutin.
  • Cukup tidur dan usahakan jangan bergadang.

Bila dalam 3 bulan tidak haid namun juga tidak hamil, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya agar bisa ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Satu isapan rokok mengandung sebanyak 70% tar yang dapat mengendap di paru-paru.

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Zat beracun dalam rokok yang dikenal paling berbahaya,yaitu nikotin, tar, karbon monoksida. Selain itu, zat berbahaya lainnya yaitu, arsen, amonia, aseton,dsb.