Telad haid lalu keluar darah deras

HY Info Penanya: HY, Wanita, 23 Tahun
Dok kenapa setelah saya telat gaid kurleb 2 minggu darah yg keluar deras dan pada hari kedua juga masih tapi yg keluar darah segar itu kenapa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HY,

Terlambat haid merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada wanita. Penyebabnya sendiri bisa beragam, mulai dari masalah hormonal, adanya perubahan berat badan yang drastis, kondisi psikologis seperti stres, lelah fisik, penggunaan KB, kehamilan dan lainnya termasuk adanya gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

Apabila sudah terlambat haid, lalu timbul perdarahan bisa merupakan menstruasi. Jika sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual, bisa juga dilakukan pemeriksaan tes kehamilan dengan testpack. Tapi kalau perdarahan dan deras seringnya karena menstruasi dan merupakan hal yang normal.

Cara melancarkan haid

Untuk itu tetap bisa melakukan penanganan seperti menstruasi biasanya, upayakan juga memperhatikan keseharian agar haid bisa teratur. Beberapa upaya lain yang bisa membantu melancarkan haid adalah:

  • Rutin berolahraga salah satunya bisa melakukan yoga, selain bisa menyegarkan fisik juga bisa membantu menyegarkan dan merelaksasi pikiran
  • Menjaga pola istirahat, upayakan untuk tidur cukup sehari 7-8 jam
  • Perbaiki dan jaga berat badan ideal
  • Kelola stres dengan baik

Jika perdarahan menstruasi berlebihan, sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau jika perdarahan berlangsung lebih dari 7 hari. Jika siklus menstruasi lebih dari 35 hari sekali atau lebih cepat dari 21 hari, merupakan tanda menstruasi yang siklusnya tidak normal. Sebaiknya bisa dicari tahu apa penyebabnya dan diatasi agar siklus menstruasi kembali normal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita umumnya akan menjalani 4 fase menstruasi

Mengenal 4 Fase Menstruasi yang Perlu Anda Pahami

Menstruasi terjadi sejak wanita memasuki masa pubertas. Terdapat 4 fase yang terjadi secara bertahap dalam siklus menstruasi. Lantas, apa saja 4 fase menstruasi tersebut?