10 May 2021, 23:23Penyakit Lainnya

Tenggorokan berlendir setelah makan, kenapa?

AA
Info Penanya: AA0
Selamat malam doc,saya mau tanya kenapa mulut saya kalau habis memasukan sesuatu, rasanya lendir yg di tenggorokan saya,mau keluar selalu berludah,sebab lendir tenggorokan saya terlalu berlebihan, tolong di jawab doc karna saya sudah resah banget....
1396 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan AndaLendir di tenggorokan berfungsi untuk membasahi, melembabkan dan menjaga kebersihan dari sauran napas. Namun, adanay lendir yang berlebih pada tenggorokan bisa menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Keluhan tenggorokan berlendir ini bisa disertai dengan beberapa gejala penyerta seperti batuk, flu, bersin-bersin, demam, dan keluhan penyerta lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan tenggorokan terasa berlendir:

  • Adanya infeksi saluran napas
  • Post nasal drip, seperti pada sinusitis
  • Adanya iritasi pada tenggorokan
  • Alergi makanan atau minuman
  • Paparan asap rokok atau udara berpolusi
  • GERD
Terakait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari keluhan tenggrokan berlendir bisa dikarenakan oleh keadaan yang disebutkan di atas. Jika keluhan ini terjadi berulang atau tidak membaik dalam waktu 3 hari, lakukan pmeriksaan ke dokter terdekat untuk mendapatkan tatalaksana dan pengobatan yang sesuai dengan keluhan tenggorokan berlendir yang terjadi pada Anda.Saat ini Anda bisa mengonsumsi air putih hangat untuk membantu mengatasi tenggorokan berlendir, hirup uap hangat, pastikan sirkulasi udara di ruangan Anda bersih dan baik, hindari merokok, konsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi sayur dan buah, hindari makanan berlemak, hindari gorengan, hindari minuman bersoda, dan terapkanlah gaya hidup bersih serta sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
alergiinfeksi saluran pernapasangerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil