Kenapa saya tidak kunjung haid?

OT Info Penanya: OT, Wanita, 6 Tahun
Dok mu tanya kenapa saya sudah waktunya haid kok tdk pernah keputihan.. Dan tdk kunjung haid dok. Tanda² haid juga tdk ada.. Kenapa yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang OT,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi merupakan serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari. Pada wanita normal siklus menstruasi sama setiap bulannya, namun asa juga saat dimana haid datang terlambat.

Beberapa penyebab haid datang terlambat :

  1. Stress
    Ketika stress, hormon yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi yaitu hipotalamus akan terganggu dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
  2. Obesitas
    Penambahan berat badan akan menyebabkan perubahan hormonal. Indeks Massa tubuh lebih dari 30 memiliki risiko tinggi mengalami mestruasi terlambat.
  3. Berat badan kurang
    Berat badan kurang dari 10% berat badan ideal akan menganggu proses ovulasi (proses dimana indung telur melepaskan sel telur).
  4. Alat Kontrasepsi
    Pil KB mengandung hormon esterogen dan prgestin yang mencegah indung telur melepaskan sel telur.
  5. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
    Kondisi ini menyebabkan mentruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sakali, sehingga dapat mempengaruhi kesuburan.
  6. Masalah tiroid
    Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi akan terganggu
  7. Kehamilan
    Terjadinya proses kehamilan akan menyebabkan terhentinya proses mentruasi

Hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, melakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan hal-hal yang Anda senangi, olahraga teratur, hal-hal ini dapat mengatasi haid terlambat Anda. Namun jika haid Anda tidak kunjung datang sebaiknya Anda lakukan test pack atau pemeriksaan langsung ke dokter kandungan untuk di menentukan penyebab pasti dari haid terlambat Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mengatasi sakit punggung saat hamil muda adalah hindari memutar pinggang saat menoleh

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil Muda yang Tepat

Sakit punggung saat hamil muda merupakan hal normal, namun dapat juga mengindikasikan suatu penyakit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung saat hamil muda.