TBC kelenjar, tumor nasofaring

AT Info Penanya: AT, Pria, 52 Tahun
Dokter, setelah dilakukan biopsi kedua saya ternyata didiagnosa Tumor Nasofaring. Pada leher saya tumbuh benjolan yang awalnya satu sekarang menjadi lima dan telinga saya berdenging, tapi tidak mengeluarkan darah dari hidung maupun waktu berdahak. Pada biopsi serum awal saya didiagnosa menderita TBC kelenjar dan sempat minum obat TBC selama dua minggu. Bahkan hasi dari MRI dinyatakan Klinis : Metastase pada kelenjar leher kanan dan kiri segmen metasface Ca nasopharynx.Tampak mass hiperintens paracervical 2 kanan yang labulated berbatas tegas, ukuran 35x31 mm, mendesak M. Maseter yang dengan penambahan kontras memperlihatkan penyengatan.Nasopharynx in tag.Cavum nasi dan sinus maxillaris kanan kiri normal.V.Cervical setimggi VC1-C7 normal. Kesimpulan : Soft tissue mass para cervical 2 kanan yang mendesak M.Maseter.Demikian Dokter hasil laporan dari MRI Nasopharynx + Kontras.Pertanyaan saya...penyakit apa yang sebenarnya saya derita. TBC kelenjar atau Tumor Nasopharynx. Terima kasih, Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AT,

Pada infeksi TBC Kelenjar maka saat dilakukan biopsi dan biakan kuman akan ditemukan bakteri penyebab TBC yaitu Mykobacterium Tuberkulosa. Kemudian dilanjutkan dengan pengobatan dengan Obat Anti Tuberkulosa yang kadang ditambahkan dengan pembedahan. Tanda khas dari benjolan karena Tbc kelenjar didaerah leher adalah adanya beberapa benjolan berderet sepanjang garis rahang dari bawah telinga, berbentuk seperti tasbeh.

Sesuai dengan hasil MRI yang Bapak lampirkan ini, maka kami sarankan supaya Bapak segera mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Onkologi (SpB.Onk) dan Dokter THT yang khusus menangani tumor, supaya segera dapat ditangani dengan baik. Sebaiknya tidak menunda untuk melakukan pengobatan. Namun adalah bijaksana bila Bapak terlebih dulu mengunjungi paling sedikit dua orang dokter dengan Spesialisasi yang sama untuk melakukan konsultasi pembanding. Bila memungkinkan kunjungi Dokter- Dokter ini di Rumah Sakit Khusus yang menangani penyakit Kanker atau Kanker Nasofaring.

Harapan kami semoga Bapak tetap optimis dalam menghadapi cobaan ini, dan selalu memiliki semangat untuk sembuh.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tirotoksikosis adalah gangguan kelenjar tiroid yang terjadi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif

3 Cara Ini Aman Untuk Mengobati Tirotoksikosis pada Wanita

Kelenjar tiroid berfungsi memproduksi hormon yang membuat tubuh Anda tetap bekerja secara normal. Ketika kelenjar terlalu aktif, maka dapat memicu tirotoksikosis pada wanita.