27 May 2021, 23:16Infeksi

Efek Samping Pengobatan TBC Kelenjar

MB
Info Penanya: MB0
Selamat malam dok, saya punya penyakit TBC kelenjar trus saya harus minum obat selama 9bln tapi pas menjalanin bulan ke 2 sendi sendi saya sakit seperti asam urat gitu dok jongkok aja susah jalan apa lagi itu apa gak papa dok??
334 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MB,TBC kelenjar adalah infeksi bakteri tuberkulosis yang menyerang kelenjar getah bening. Penanganannya sendiri adalah dengan mengonsumsi obat anti tuberkulosis (OAT) kombinasi selama minimal 9 bulan atau lebih tergantung kondisi. Selain dengan mengonsumsi OAT, kelenjar yang bengkak dan membesar snediri juga bisa dilakukan operasi untuk menghilangkannya.OAT sendiri terdiri dari beberapa obat antibiotik yang dikombinasikan dimana pada 2 bulan pertama yang dikonsumsi adalah kombinasi pirazinamid, etambutol, isoniazid dan rifampisin. Beberapa efek samping bisa terjadi seperti:
  • Gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, muntah
  • Urine yang berubah warna menjadi merah atau jingga
  • Sakit kepala
  • Rasa kesemutan
  • Nyeri sendi
  • Gangguan pendengaran

Nyeri sendi akibat pengobatan TBC

Apabila mengalami nyeri sendiri, salah satunya bisa disebabkan oleh adanya peradangan sendi ataupun efek samping OAT yaitu pirazinamid. OAT sendiri tetap perlu dilanjutkan dimana pada bulan ketiga dan selanjutnya pirazinamid sendiri sudah tidak lagi diberikan yang dilanjutkna adalah rifampisin dan isoniazid.Untuk meredakannya nyeri sendi yang terjadi, dapat dikompres dengan kompres dingin atau hangat, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol ataupun ibuprofen 200mg dan juga bisa memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan apa penyebab dari nyeri sendi tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelenjar getah beningtbctuberkulosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil