TBC Kelenjar: Apa penyebab dan bagaimana penangannya?

AA Info Penanya: AA
Suami saya hampir satu tahun ada benjolan di leher. Awalnya didiagnosis TB kelenjar dan diberi obat. Tapi, suami kurang disiplin, jadi pada bulan ke enam, benjolnya semakin besar dan menyebabkan sesak napas, batuk, demam, dsb. Lalu, akhirnya dokter memberikan obat lain, kemudian benjolnya mengecil, tapi membesar lagi. Suami saya disarankan untuk operasi. Tapi kami belum memutuskan, dok, karena takut menjadi ganas. Kenapa ya benjolan bisa besar kecil gitu? Dan apa yang harus kami lakukan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AA,

TBC atau Tuberkulosis kelenjar adalah infeksi bakteri tuberkulosis yang menyerang kelenjar getah bening. Bakteri ini adalah bakteri yang perlu perlakuan khusus agar bisa diatasi hingg tuntas yaitu dengan pemberian antibiotik kombinasi minimal 6 bulan untuk mengatasinya.

Gejalanya sendiri bisa timbul seperti batuk lama, penurunan berat badan, demam tanpa sebab jelas, keringat malam hari, timbul pembengkakan kelenjar getah bening yang bisa beragam jumlah dan ukurannya bisa di leher, ketiak, sela paha dan area lain. Untuk memastikannya sendiri perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes sampel dahak, foto rontgen dan juga pemeriksaan sampel jaringan atau biopsi.

Jika minum obat tidak disiplin akan berpotensi menyebabkan resistensi bakteri terhadap obat yang nantinya memerlukan penanganan yang jauh lebih lama dan lebih sulit dan obat yang perlu dikonsumsi dapat lebih banyak. Jika benjolan semakin besar dan menekan organ sekitarnya baiknya dilakukan operasi dan dipastikan penyebab benjolan tersebut dengan pemeriksaan patologi. Jadi saat ini perlu kembali periksa dan mengonsumsi obat dengan disiplin setiap hari dan dilakukan tindakan untuk menghilangkan benjolan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.