TBC kelenjar

F Info Penanya: F, Wanita, 25 Tahun
Assalamualaikum, Dok.Pada leher kiri saya ada benjolan, munculnya pertengahan Desember. Saat itu saya sedang sakit asam lambung, kemudian besoknya langsung muncul benjolan dan semakin lama semakin besar dan panjang.Saya periksa ke dokter hasilnya saya perlu dibiopsi. Setelah biopsi hasilnya saya menderita TBC kelenjar, tapi tidak disertai batuk. Saya suda minum obat 2 bulan, tapi sekarang benjolannya yang tadinya terdapat 1 bertambah menjadi 2 dan semakin besar. Benjolan pertama sudah lunak, tapi benjolan yang ke-2 masih terasa keras.Pertanyaan saya, kalau suatu saat benjolan saya pecah, penanganannya seperti apa ya, Dok? Sebaiknya benjolan itu harus pecah atau tidak? Mohon pencerahannya.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore Ibu F,

Pengobatan untuk penyakit TBC dengan Obat Anti Tuberkulosa (OAT) memang umumnya memerlukan waktu antara 6 sampai 9 bulan. Sedangkan untuk TBC yang lebih parah seperti TB Kelenjar waktu untuk pengobatan lebih lama bahkan sampai 12 bulan.

Benjolan yang muncul akibat TB Kelenjar umumnya akan tetap ada hingga pengobatan OAT selesai dilakukan. Karena itu, jika Ibu merasa terganggu dengan benjolan tersebut karena masalah estetika, maka terdapat pilihan untuk melakukan operasi pengangkatan kelenjar. 

Namun, ada kalanya kondisi seperti yang Ibu alami dapat terjadi yaitu kelenjar tersebut dapat membesar, lembek dan akhirnya pecah. Untuk itu perlu dilakukan perawatan bersama dengan Dokter Spesialis Bedah Umum (SpB) supaya kelenjar dapat diangkat dengan cara dioperasi.

Harus tetap dipastikan bahwa tidak ada infeksi TB pada paru-paru dengan cara melakukan pemeriksaan Foto Rontgen, pemeriksaan darah dan dahak. Ibu juga perlu untuk tetap fokus kepada pengobatan dengan OAT yang memerlukan komitmen dan ketaatan dalam minum obat.

Sebaiknya tidak ada hari yang terlewat untuk minum OAT karena akan menyebabkan penyakit menjadi lebih parah, kuman menjadi resisten (kebal) dan tidak resposif lagi dengan OAT sehingga harus diobati dengan obat yang lebih kuat. Dapat juga penyakit menulari daerah lain dari tubuh seperti alat kandungan, usus, ginjal, tulang dll.

Semoga jawaban di atas dapat membantu. Jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi yang Ibu keluhkan ke dokter yang merawat. Dengan begitu, pemeriksaan secara menyeluruh dapat dilakukan dan dokter dapat memberikan pilihan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Ibu. Semoga lekas sembuh.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.