Bagaimana bila TBC putus obat?

H Info Penanya: H
Assalamualaikum dokter......sy mengalami batuk berdarah saat ini memang dulu sy sdh positif kena TB paru dan menjalani pengobatan dipuskesmas tpi baru beberapa Minggu menjalani pengobatan sy sakit parah mungkin karena efek obat yg tdk cocok sm sy dan akhirnya sy putuskan untuk tdk mengkonsumsi obat paru dri puskesmas setempat dan skrg ini sy mengalami batuk darah lgi dok.....mohon saran dri dokter bgmn solusinya smntara sy tdk cocok minum obat dri puskesmas......TRIms
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang H,

TBC adalah salah satu infeksi yang paling sering terjadi di paru-paru akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa. Infeksi ini akan menimbulkan keluhan berupa batuk berdahak yang lama hingga batuk berdarah, demam yang tidak jelas penyebabnya, sering berkeringat di malam hari, penurunan berat badan, atau makan banyak namun berat badan tidak bertambah, ada benjolan di sekitar leher.

Bila Anda dinyatakan TBC seharusnya Anda melakukan pengobatan minimal 6 bulan namun bisa diperpanjang tergantung kondisi Anda. Bila selama pengobatan muncul keluhan berupa mual muntah, mata kuning, maka seharusnya Anda kembali ke dokter yang meresepkan obat-obatan tersebut, agar dosisnya bisa diturunkan atau disesuaikan dengan kondisi Anda, namun tidak boleh dihentikan secara mendadak seperti itu.

Pengobatan yang dihentikan secara mendadak bisa menyebabkan bakteri tidak mempan atau resisten dengan obat TBC dan harus beralih ke obat yang lebih keras hingga harus suntik setiap hari.

Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter paru agar TBC Anda dapat segera ditangani dan tidak berkelanjutan. karena selain merugikan diri sendiri, maka Anda juga akan menjadi sumber penularan bagi orang lain terutama keluarga yang tinggal serumah dengan Anda. Gunakan masker untuk mengurangi penularan bakteri, perbanyak minum air putih dan hindari makan makanan pedas, gorengan agar tidak memicu batuk.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.